internet

30 Jan

Internet atau kepanjangannya dari Interconnected Network adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Sejarah kemunculan dan perkembangan Internet dimulai pada :

Tahun 1962

Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET, yang tak lain untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya.

Tahun 1970

Sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972

Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.

Tahun 1973

Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Tahun 1976

Tepatnya tanggal 26 Maret 1976, merupakan hari bersejarah, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Tahun 1979

Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

Tahun 1981

France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1982

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun ini dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Tahun 1984

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka di tahun ini diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988

Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990

Merupakan  tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992

Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.

Tahun 1994

Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Sedangkan Sejarah Internet sendiri di Indonesia bermula pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktifitasnya terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Dan baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994.

PT ANRIZ GLOBAL CONNECTION

” Honesty, Trust, Professional ”

  1. 1957 – USSR meluncurkan satelit pertama di dunia, Sputnik. Dan sebagai responnya, pihak US membentuk sebuah badan yang diberi nama Advanced Research Projects Agency (ARPA). Badan ini berada di bawah Departemen Keamanan US, atau Department of Defense (DoD).
  2. 1961 – Leonard Kleinrock dari MIT, mempublikasikan “Information Flow in Large Communication Nets” yang menteorikan packet-switching (PS).
  3. 1962 – J.C.R. Licklider & W. Clark juga dari MIT, mempublikasikan idenya mengenai komputer masa depan dalam “On-Line Man Computer Communication”.
  4. 1964 – Paul Baran, kali ini dari RAND, mempublikasikan “On Distributed Communications Networks” yang mengkonsepkan sebuah sistem pendistribusian data melalui network atau jaringan.
  5. 1965 – ARPA mensponsori sebuah penelitian yang berjudul “cooperative network of time-sharing computers”. Penelitian tersebut melakukan uji coba untuk menghubungkan komputer ARPA dengan computer TX-2 yang berada di MIT Lincoln Lab menggunakan saluran telephone berkecepatan 1200bps.
  6. 1966 – Lawrence G. Roberts, MIT mempublikasikan “Towards a Cooperative Network of Time-Shared Computers” yang menjadi master plan ARPA yang pertama.
  7. 1967 – Pada bulan April, Tim pendesign ARPANET mulai mendiskusikan konsep yang dibuat Larry Roberts. Dan pada bulan Oktober ACM, mengadakan simposium mengenai Operating Systems Principles di Gatlinburg, Tennessee. Dari situ dihasilkan sebuah publikasi yang berjudul “Multiple Computer Networks and Intercomputer Communication” oleh Larry Roberts.
  8. 1968 – Bolt Beranek and Newman, Inc. (BBN) mendapat penghargaan atas pembuatan Packet Switching nya, dan mendapat kontrak untuk membangun Interface Message Processors (IMPs).
  9. 1969 – Oleh DoD, ARPANET dibentuk menjadi sebuah komisi yang bertujuan untuk meneliti dunia networking. Pada tahun ini juga beberapa node mulai dibangun dan dihubungkan. Yang pertama berada di UCLA, mulai terhubung pada 2 September.
  10. 1970 – C.S. Carr, S. Crocker, dan V.G. Cerf, pertama kali mempublikasikan protokol-protokol yang digunakan pada host-host dari ARPANET. Di tahun ini juga ALOHAnet, packet radio network yang dibangun oleh Norman Abramson dari Univ of Hawaii, mulai beroperasi.
  11. 1971 – Jumlah hosts ARPANET bertambah menjadi 15 buah. Yaitu, di UCLA, SRI, UCSB, University of Utah, BBN, MIT, RAND, SDC, Harvard, Lincoln Lab, Stanford, UIU©, CWRU, CMU, NASA/Ames. Ditahun ini juga, BBN mulai menggunakan the cheaper Honeywell 316 pada IMPs-nya.
  12. 1972 – Ray Tomlinson (BBN) memodifikasi program email yang dibuat ARPANET agar berfungsi lebih cepat. Pada saat itu pula, simbol @ (at) mulai populer. Dan ditahun itu juga, Larry Roberts membuat program email management-nya yang pertama.
  13. 1973 – ARPANET go internasional dengan terhubungnya server yang berada di University College of London, Inggris. Sementara itu, Bob Metcalfe’s mendapat gelar PhD dari Harvard untuk tesisnya yang mengkonsepkan Ethernet.
  14. 1974 – Vint Cerf and Bob Kahn mempublikasikan “A Protocol for Packet Network Interconnection” yang menspesifikasikan secara detil mengenai Transmission Control Program (TCP). Di tahun yang sama, Telenet – versi komersial dari ARPAnet mulai di perkenalkan kepada publik.
  15. 1975 – Manajemen operasional dari internet di pindahkan ke DCA, yang sekarang menjadi DISA. Tahun ini menjadi saksi terbentuknya mailing list yang pertama, MsgGroup. Di buat oleh Steve Walker. Tapi fungsi moderator akhirnya diambil alih oleh Einar Stefferud. Kasian deh si Steve.
  16. 1976 – Ratu Elizabeth II meresmikan the Royal Signals and Radar Establishment (RSRE) yang berpusat di Malvern. Setahun kemudian UUCP (Unix-to-Unix CoPy) mulai dikembangkan di AT&T Bell Labs, dan kemudian di distribusikan bersama UNIX.
  17. 1977 – THEORYNET di buat oleh Larry Landweber, yang berpusat di University of Wisconsin. Di tahun ini, RFC 733 yang berisi Mail specification, di publikasikan. Tahun ini menjadi saksi dari demontrasi pertama ARPANET/SF Bay Packet Radio Net/Atlantic SATNET yang mengoperasikan internet protocol dengan supply gateway dari BBN.
  18. 1978 – TCP di pecah menjadi TCP dan IP.
  19. 1979 – Terjadi meeting yang dilakukan oleh University of Wisconsin, DARPA, National Science Foundation (NSF), dan para peneliti di bidang komputer. Meeting ini menjadi awal berdirinya Computer Science Department yang dipimpin oleh Larry Landweber, yang bertujuan untuk melakukan berbagai penelitian seputar jaringan komputer.
  20. 1980 – Tanggal 27 September menjadi tanggal bersejarah saat ARPANET di hentikan sementara. Tindakan ini diambil menyusul terjadinya insiden yang mempropagandakan adanya pesan berisi virus.
  21. 1981 – Tahun ini menjadi awal bagi BITNET, the “Because It’s Time NETwork.” Dibuat dengan tujuan antara lain: sebagai cooperative network yang berpusat di the City University of New York, menyediakan electronic mail dan listserv servers untuk menyebarkan informasi dan melakukan tranfer file.
  22. 1982 – Di tahun ini, Norway mulai meninggalkan network untuk menjadi Internet connection via TCP/IP melalui SATNET. UCL kemudian melakukan hal yang sama.
  23. 1983 – Name server mulai dikembangkan di University of Wisconsin. Name server memberikan kemudahan kepada user, hingga mereka tidak perlu mengetahui secara tepat mengenai jalur untuk mengakses system lain.
  24. 1984 – DNS atau Domain Name System pertama kali diperkenalkan di tahun ini. Di tahun ini pula, lebih dari 1.000 hosts telah terhubung ke internet. JUNET (Japan Unix Network) mulai bergabung. Di tahun ini pula, JANET (Joint Academic Network) yang berpusat di Inggris, mulai didirikan.
  25. 1985 – Whole Earth ‘Lectronic Link (WELL) di mulai di tahun ini. Information Sciences Institute (ISI) yang berpusat di USC, diberi tanggung jawab untuk menjadi DNS root management, dan SRI untuk DNS NIC registrations, oleh DCA.

DuniAWEB.US

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: